Anda pastinya pernah mendengar cerita Cinderella yang memakan buah apel merah pemberian seorang nenek kemudian jatuh pingsan. Jangan lah Anda percaya bahwa buah apel itu beracun setelah mengetahui cerita tersebut. Justru, apel merah tersebut sangat sehat dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Apel adalah buah yang dihasilkan dari pohon buah apel.

Apel yang matang biasanya bewarna hijau, kuning, atau merah. Apel merah lebih sering dikonsumsi karena rasanya yang lebih manis dibandingkan apel hijau dan kuning.

Selama ini kita sering khawatir makan buah apel dengan kulitnya karena adanya pestisida atau lapisan lilinnya. Tapi kalau sudah dipastikan dicuci bersih dan bebas kandungan berbahaya, buah apel dan kulitnya bisa memberi banyak manfaat bila dikonsumsi,

Buah apel sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral. Dilansir dari boldsky.com, buah apel mengandung vitamin C, kalium, serat, karbohidrat, dan kandungan seperti katekin dan quercetin. Satu buah apel ukuran sedang hanya mengandung 95 kalori.

Apel juga kaya akan polifenol yang tinggi antioksidannya. Antioksidan ini pun tak hanya berasal dari daging buahnya tapi juga kulitnya. Ada banyak manfaat luar biasa yang bisa kita dapat bila mengonsumsi buah apel bersamaan dengan kulitnya

Pasti kamu sudah tak asing dengan buah apel. Ya, di dunia ini ada 7.500 jenis apel. Beberapa jenis apel yang sering kamu temukan ini adalah apel hijau dan merah. Perbedaan warna pada apel ini ternyata memiliki rasa dan manfaat yang berbeda

Apel hijau punya kombinasi rasa manis dan asam. Sedangkan apel merah lebih memiliki rasa manis. Perbedaan warna kulit pada apel ini ternyata juga memengaruhi nutrisi di dalamnya, loh.

Memang, sama-sama memiliki kandungan serat dan vitamin C yang cukup banyak, namun ternyata apel merah memiliki kandungan beta-karoten 50 persen lebih banyak daripada apel hijau.

Terlepas dari perbedaan warna dan nutrisinya, sebuah studi yang dilakukan oleh The Florida State University menyebutkan bahwa apel merupakan buah ajaib. Bagaimana tidak, karena buah ini memiliki beragam manfaat menakjubkan untuk tubuh. Dikutip dari Klikdokter, Senin (eleven/3/2019), ini beberapa keuntungan dari mengonsumsi apel:

Apel merah biasanya langsung dimakan tanpa dimasak. Tentunya, buah-buahan seperti apel mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah 12 manfaat apel merah.

Mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Apel merah menyimpan banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, serat, fitonutrien dan mineral. Tak heran banyak orang menyukai apel sebagai makanan pencuci mulut yang menyehatkan.

Kulit Sehat dan Terawat. Bagi para wanita, memiliki kulit sehat merupakan sebuah impian. Apel merah sangat baik untuk dikonsumsi karena vitamin C pada apel merah dapatmenjaga kulit menjadi sehat, terawat dan lebih bercahaya secara alami.

Menambah Energi. Lelah setelah beraktivitas sehari penuh ataupun berolahraga? Buah apel merah yang segar bisa menjadi penghilang rasa lelah dan letih serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol. Apel merah berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Seseorang yang mengkonsumsi apel 2 kali sehari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 16%.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat pancaroba, sistem kekebalan tubuh seseorang menurun. Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan aktivitas secara optimum. Jika Anda mengkonsumsi buah apel merah setiap hari, Anda akan terbebas dari penyakit karena antioksidan pada buah apel merah sehingga badan Anda selalu sehat dan terasa bugar.

Mengurangi resiko penyakit diabetes. Hampir semua orang suka makanan manis. Tetapi ada sebagian orang yang tidak bisa mengkonsumsi makanan berbahan gula lebih banyak dikarenakan mereka memliki resiko penyakit diabetes. Apel merah dapat menjadi cemilan manis yang sangat cocok bagi para penderita diabetes.

Melancarkan pencernaan. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya pencernaan. Serat dapat ditemukan pada kulit buah apel merah dan dipercaya untuk melancarkan pencernaan dan dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Penglihatan lebih jelas dan jernih. Apel merah mengandung vitamin A dan antioksidan yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit katarak. Anda dapat menmakannya setiap hari untuk membuat penglihatan terasa lebih jelas dan jernih.

Obat Diet Alami. Seringkali banyak wanita tidak mau tubuhnya gendut sehingga mereka harus mencari cara untuk menurunkan badannya. Mengkonsumsi apel merah secara rutin dapat menjadi cara yang sehat dan alami untuk food regimen.

Obat Kesehatan Gigi. Bagi para penikmat kopi dan pennggemar makanan manis, apel merah sangat direkomendasikan perihal menjaga kesehatan gigi. Apel merah memiliki asam alami, senyawa astrigen, dan serat menjadikan buah apel merah sebagai makanan yang perfect untuk membersihkan dan memutihkan gigi, terutama untuk gigi keropos.

Mencegah Penyakit Kanker. Kulit buah apel merah juga mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.

Mencegah Penyakit Alzheimer. Manfaat apel merah juga dapat mencegah penuaan otak jika dikonsumsi secara teratur.

Apel merah biasanya langsung dimakan tanpa dimasak. Tentunya, buah-buahan seperti apel mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah 12 manfaat apel merah.

1. Mencegah konstipasi
Kulit buah apel kaya akan serat. Kandungan serat buah apel ini bisa bantu cegah konstipasi. Selain itu, kandungan seratnya juga bisa membuat kita nggak gampang lapar dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Tak hanya itu saja, kandungan serat ini juga bisa menurunkan kolesterol.

2. Mencegah kanker
Sebuah penelitian dari Cornell University dari 2007 menunjukkan bahwa kandungan yang disebut triterpenoid ditemukan di kulit apel. Kandungan ini punya kemampuan untuk membunuh sel-sel kanker, khususnya yang berada di usus, payudara, dan sel-sel kanker hati. Menurut American Institute for Cancer Research, buah apel adalah sumber antioksidan yang bagus dan antioksidan ini bisa bantu menurunkan risiko kanker paru-paru.

Kulit buah apel mengandung banyak mineral penting./Copyright pexels.com

3. Mengatasi masalah pernapasan
Jenis flavonoid bernama quercetin sebagian besar ditemukan di kulit buah daripada daging buah. Sebuah penelitian mengungkapkan orang yang mengonsumsi sedikitnya lima buah apel per minggu memmiliki fungsi paru-paru yang lebih baik. Sehingga bisa menurunkan risiko asma. Quercetin ini juga bisa bantu mencegah kerusakan otak yang berkaitan dengan penyakit alzheimer dan masalah generatif lainnya.

4. Membantu menurunkan berat badan
Kulit apel mengandung asam ursolat, kandungan yang bisa mencegah obesitas. Asam ursolat ini juga bisa meningkatkan lemak otot yang dapat membakar kalori dan menurunkan risiko obesitas.

5. Membantu produksi sel-sel darah merah sehat
Kulit apel mengandung mineral penting seperti kalium, kalsium, folat, zat besi, dan fosfor. Mineral-mineral tersebut punya berbagai fungsi untuk tubuh, dari menjaga kesehatan tulang, memaksimalkan pertumbuhan sel-sel, hingga memproduksi sel-sel darah merah.

Kalau buah apel masih ada lapisan lilinnya, pastikan lapisan lilinnya sudah dibersihkan dengan benar ya ladies. Buah apel segar dengan kulit yang bersih dan bebas pestisida bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain rasanya manis, renyah, dan segar, apel merah juga banyak memiliki khasiat. Apel merah lebih baik dikonsumsi mentah tanpa dimasak agar nutrisi yang dikandungnya tetap terjaga.Banyak orang yang memakan apel merah dengan cara dikupas kulitna terlebih dahulu, padahal setelah diteliti oleh pakar terkemuka, kulit apel merah mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Bila Anda berbelanja ke pasar atau supermarket, sempatkanlah untuk membeli apel merah dan cantumkanlah apel merah pada daftar menu pencuci mulit Anda.

Sudahkah Anda makan apel hari ini?