Mungkin bagi sebagian orang, menghias atau mendekorasi rumah dengan barang bekas merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan, sebab selain membuat hunian menjadi nyaman, namun hal ini juga membantu meningkatkan kreativitas pada anak.

Salah satunya ialah cara membuat rumah dari stik es krim. Kamu pastinya sudah tidak asing dengan kata tersebut kan? Yaps, kerajinan tangan ini sudah pernah diajarkan saat kamu di bangku sekolah dasar.

Cara membuat rumah dari stik es krim sebenarnya cukup mudah untuk kamu lakukan sendiri di rumah, sebab kamu bisa berkreasi sendiri dalam membuat miniatur rumah dari stik es krim dengan segala model. Tapi kalau kamu yang belum mengetahui cara membuat rumah dari stik es krim, simak ulasan berikut yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

 

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim

Cara membuat miniatur rumah dari stik es krim merupakan salah satu kerajinan tangan yang banyak disukai untuk mainan anak-anak, ataupun koleksi orang dewasa yang memiliki nilai seni tinggi.

Pasalnya, dengan mengetahui cara membuat rumah dari stik es krim akan menjadi hobi produktif sebagian orang, bahkan akan menghasilkan uang dari miniatur rumah ini. Penasaran untuk mencobanya? Berikut langkah-langkah membuatnya.

1. Langkah pertama cara membuat rumah dari stik es krim ialah persiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti kertas karton, stik es krim (kurang lebih 100 buah) gunting, penggaris, cutter, lem tembak, lem kayu, dan cat.

2. Selanjutnya, cara membuat rumah dari stik es krim yang mudah bisa dimulai dengan membuat bagian dinding miniatur rumah dengan menyusun stik es krim membentuk segi empat dengan 4 buah stik, lalu beri lem di setiap sudutnya.

Setelah kerangka atau bingkainya jadi, tutup bingkai tersebut dengan susunan stik es krim lainnya dan beri lem di setiap ujungnya hingga rapat. Ulangi cara membuat rumah dari stik es krim ini pada setiap kerangka atau bingkai dinding miniatur rumah yang tersisa.

3. Kemudian kamu bisa melanjutkan cara membuat rumah dari stik es krim dengan bagian atapnya, buatlah 3 buah kearangka segitiga lalu beri lem di setiap sudut-sudutnya supaya kuat.

Sedangkan satu kerangka segitiga sisanya bisa kamu letakkan di tengah supaya atap miniatur rumah dari stik semakin kokoh dan awet. Pada kerangka tengah, letakkan 10 stik secara mendatar kemudian beri lem supaya rapat.

Cara membuat miniatur rumah dari stik es krim selanjutnya ialah dengan menempelkan dua kerangka segitiga yang awal pada sisi atas dan bawah dengan posisi berdiri hingga model atap pelana terbentuk.

4. Langkah cara membuat rumah dari stik es krim berikutnya sampai pada perakitan. Dalam hal ini amu bisa menggunakan penggaris dan cutter untuk memotongnya bagian jendela dan pintu.

Setelah dinding memiliki jendela dan pintu, kamu tinggal merakit dinding-dinding tersebut menjadi satu miniatur rumah dari stik dengan memakai lem supaya setiap dindingnya rapat.

Kalau sudah kamu bisa melanjutkan dengan memasang atap. Beri lem pada ujung setiap stik es krim. Nah, kalau kamu membuat hiasan di bagian dalam rumah, lakukan sebelum memasang atap, ya!

5. Cara membuat miniatur rumah dari stik es krim yang terakhir ialah bagian finishing. Di sini, kamu bisa memberi warna pada miniatur rumah agar terlihat lebih cantik.

Sellain itu, kamu juga bisa menambagkan ornamen lainnya, seperti tumbuh-tumbuhan, replika batu koral hingga ornamen pagar kayu. Selesai, gampang kan?

Cara Membuat Rumah Adat dari Stik Es Krim Beserta Gambarnya

 

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim

Mencari kegiatan di akhir pekan bareng keluarga dan si kecil memamg menjadi salah satu hal yang mengasikkan. Nah daripada pusing-pusing, cobalah membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan stik es krim untuk membentuk rumah adat.

Penasaran kan apa saja tahap-tahapnya? Berikut cara membuat rumah adat dari stik es krim beserta gambarnya yang bisa kamu lakukan saat weekend.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Langkah pertama cara membuat rumah dari stik es krim ialah siapkan bahan dan alat-alatnya terlebih dahulu seperti 100 batang stik es krim, lem kayu, cutter, karton, penggaris, pensil, dan karton coklat.

2. Buat Dinding Rumah Adat

Cara membuat rumah adat dari stik es krim yang mudah ialah dengan membentuknya menjadi empat buah segi empat. Letakkan stik di bagian atas, bawah, kanan dan kiri, lalu tempel dengan memberikan lem di setiap sudut stik. Ulangi cara tersebut sampai membuat tiga buah segi empat sisanya, ya.

Selanjutnya, beri lem pada rumah adat dari stik es krim untuk menjadi sebuah bangunan. Berikan lem pada bagian stik yang ada di atas dan di bawah, dan bariskan stik es krim secara mendatar sampai menutupi seluruh bingkai.

3. Membuat Atap Rumah

Kemudian ambil tiga buat stik dan bentuklah segitiga dengan cara menumpukkan di ujung atas setiap stik satu sama lain. Setelah itu beri sediit lem untuk merekatkan seluruh sudutnya dan ulangi proses ini guna membuat segitiga sisanya.

Untuk membuat atas rumah, kamu bisa menutup atap mulai dari bagian bawah dengan cara merekatkan stik di setiap bingkai segitiga. Semakin menyusun puncak ke atap, maka ukuran stik akan semakin kecil sehingga kamu perlu memotongnya dengan cutter. Atap yang tertutup dapat menambah kesan rumah adat yang nyata.

4. Membuat Pintu

Cara membuat rumah dari stik es krim yang terakhir ialah dengan penambahan pintu agar miniatur yang kamu buat terlihat lebih realistis. Oleh karena itu buatlah pintu rumah yang tinggi kira-kira 1/3 lebar rumah.

Sedangkan untuk membuat daun pintu, kamu bisa merekatkan sehelai karton di ujung bukaannya, kemudian lipatlah salah satu sisi karton guna mirip pintu aslinya. Tahan selama 30 detik sampai lemnya meresap hingga kuat. Selesai.

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim Beserta Gambarnya

 

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim

Tentunya kamu sudah familiar dengan stik es krim, bukan? Yaps, stik berbahan dasar dari kayu ini ternyata memiliki nilai gunanya, lho. Pasalnya, kamu bisa mengumpulkannya untuk membuat miniatur rumah.

Nah, biar nggak semakin penasaran, berikut cara membuat rumah dari stik es krim beserta gambarnya yang bisa kamu praktikkan langsung dengan si kecil.

1. Pastinya langkah pertama cara membuat rumah dari stik es krim ialah kamu harus menyiapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan, seperti lem kayu atau lem tembak, penggaris, cutter, gunting, kardus bekas, dan 100 buah stik es krim.

2. Selanjutnya, susun stik es krim hingga berbentuk kerangka segiempat. Caranya, siapkan 4 stik untuk setiap bingkainya dan susun hingga membentuk segi empat, lalu beri lem di setiap ujungnya. Buat kerangka ini menjadi 4 kerangka.

3. Setelah kerangka dinding jadi, cara membuat rumah dari stik es krim selanjutnya ialah rekatkan bagian yang kosong dengan stik sampai rapat, kalau stik terakhir tidak muat, kamu bisa menggunakan cutter untuk memotong bagian yang lebih. Ulangi proses ini hingga kerangka ke-4.

4. Cara membuat rumah dari stik es krim selanjutnya ialah membuat atap. Caranya, susun kerangka menggunakan 3 buah stik untuk setiap kerangkanya dan beri lem disetiap ujungnya. Lalu, susun 10 stik dengan posisi mendatar dan jangan lupa beri lem. Ulangi cara ini higga bagian atap terutup stik.

5. Terakhir, cara membuat rumah dari stik es krim adalah buat kerangka segiempat yang sudah direkatkan tadi dipotong pada bagian tertentu hingga membentuk seperti jendela dan gabungkan 4 kerangka tersebut menggunakan lem.

Setelah miniatur rumah jadi, kamu juga bisa membeirkan warna dengan cat yang sesuai kreativitasmu. Selesai, gampang kan cara membuat rumah dari stik es krim?

Cara Membuat Rumah Tingkat dari Stik Es Krim

 

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim

Umumnya, cara membuat rumah tingkat dari stik es krim sebenarnya sama saja dengan langkah-langkah di atas. Hanya saja dalam hal ini diperlukan stik es krim yang lebih banyak.

Namun, kalau kamu masih bingung dengan cara-caranya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memasuki bahasan utama, ada beberapa bahan dan alat yang perlu kamu siapkan saat cara membuat rumah dari stik es krim, yakni stik es krim 200 buah, gunting, penggaris, cutter, dan lem tembak atau lem kayu.

2. Cara Membuat Rumah Tingkat dari Stik Es Krim

Setelah mengumpulkan bahan dan alat yang diperlukan, kini kamu bisa mulai merakit rumah sederhana dari stik es krim:

– Pertama, cara membuat rumah dari stik es krim ialah susun stik es krim membentuk segi empat dengan 4 buah stik.
– Buatlah sebanyak 4 buah dan beri lem di setiap sudutnya untuk menjadi kerangka dinding rumah.
– Tutupi bingkai segi empat dengan stik es krim lainnya, dan beri lem di sisi setiap ujung. Usahakan posisinya rapat supaya tidak ada celah.
– Ulangi langkah tadi pada keempat bingkai segi empat.

3. Merakit Atap Rumah

– Cara membuat rumah dari stik es krim elanjutnya buat 3 kerangka segitiga untuk atapnya, dan beri lem di setiap sudut supaya merekat.
– 2 buah segitiga akan menjadi sisi depan dan belakang atap, sementara satu kerangka segitiga bisa kamu letakkan ditengah supaya semakin kuat.
– Letakkan set atap kedua, caranya sama seperti membuat set atap pertama, kemudian tutupi seluruh kerangka atap.

4. Merakit Badan Rumah

–  Cara membuat rumah dari stik es krim selanjutnya ialah potong pada bagian yang akan kamu buat sebagai jendela pada kerangka segiempat.
– Buat dua dinding yang ada jendelanya untuk rumah, lalu tempelkan seluruh bagian dinding (4 buah kerangka segi empat) dengan menggunakan lem.

5. Merakit Keseluruhan Rumah

– Pasang atap yang berbentuk segitiga tadi di bagian atas badan rumah, kemudian lem setiap ujung stik es krim dan pasang dengan hati-hati.
– Terakhir, cara membuat rumah dari stik es krim ialah beri warna pada rumah supaya lebih menarik.

Itulah cara membuat rumah dari stik es krim yang mudah dan praktis untuk dilakukan di akhir pekan. Semoga bermanfaat!