Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mendapatkan asupan gizi terbaik, salah satunya dari sayuran. Sayangnya, setelah melakukan berbagai cara agar anak mau makan sayur, si kecil tak kunjung melahapnya.

Apa yang salah? Moms bisa mulai memikirkan cara lain yang lebih efektif agar buah hati tetap bisa mendapatkan nutrisi terbaik dari sayur. Tidak perlu bingung, berikut tujuh tips yang bisa Moms terapkan di rumah.

1. Kombinasikan dengan makanan lain

Berbeda dengan buah-buahan manis, sayuran memiliki rasa yang cenderung asin dan gurih. Agar anak mau memakannya, tidak ada salahnya jika Moms mengombinasikan sayuran dengan makanan lain yang memiliki rasa berbeda.

Moms bisa memadu-padankan beberapa bahan makanan yang rasanya disukai anak-anak. Keju misalnya, meski memiliki rasa asin, tidak sedikit anak yang menyukainya. Moms dapat mengolah sayuran segar dengan keju.

Tak ada salahnya pula untuk memadukan sayuran dengan buah seperti yang ada pada hidangan salad. Yang terpenting, tingkatkan kreativitas dalam padu-padan makanan agar anak mau memakannya.

2. Kombinasikan dengan makanan favorit

Cara ini hampir sama dengan poin di atas. Bedanya, Moms perlu mengombinasikan sayuran dengan makanan favoritnya. Misalnya, jika si kecil memiliki selera tinggi terhadap daging atau ikan, tak ada salahnya untuk memadu-padankan kedua makanan ini.

Moms bisa mencampurkan sedikit sayuran terlebih dulu pada tahap awal. Jika anak tetap melahapnya, tambah porsi sayuran lebih banyak dari sebelumnya. Ini akan membantu anak mau makan sayur.

3. Ajak anak memasak

cara agar anak mau makan sayur dengan mengajaknya masak bersamaAjak anak masak bersama. Sumber foto: www.naturalawakenings.com

Alih-alih memaksa anak untuk makan sayuran yang tidak disuka, Moms bisa mengajaknya ke dapur untuk terlibat langsung dalam proses memasak. Anak perempuan biasanya akan sangat senang bermain masak-masakan.

Menurut Michelle Loy, seorang ahli gizi di Amerika Serikat, anak-anak akan lebih tertarik untuk memakan apa yang telah ia masak sendiri, termasuk sayuran. Ini karena anak mengetahui bagaimana proses sayuran itu dimasak, dari masih mentah hingga menjadi sebuah hidangan.

Jadi, Moms bisa mulai mengajak anak pergi ke dapur di pagi hari untuk memasak bersama. Jadikan ini kebiasaan rutin dan ubah jenis sayuran setiap hari agar buah hati tercinta bisa mendapatkan berbagai nutrisi.

4. Ceritakan manfaat sayuran

Salah satu cara agar anak mau makan sayur yang bisa Moms coba adalah ceritakan berbagai manfaat dari sayuran itu sendiri. Cara persuasif ini juga bisa membangkitkan rasa ingin tahu si kecil.

Moms bisa jelaskan betapa pentingnya sayuran untuk kesehatan manusia. Misalnya, wortel sangat bermanfaat untuk mata, kangkung bisa membantu tubuh melawan penyakit, atau bayam yang dapat meningkatkan energi pada tubuh.

Pancing rasa ingin tahu anak terlebih dulu. Setelah itu, Moms akan lebih mudah untuk mengajaknya makan sayur. Jika perlu, beri tahu si kecil tentang manfaat dari setiap makanan yang akan disantapnya.

5. Haluskan sayuran

Sebagai orang tua, tentu Moms ingin si kecil mendapat asupan nutrisi terbaik. Sayangnya, sebagian besar anak cenderung menghindari sayuran. Ada satu cara agar anak mau makan sayur yang cukup efektif, yaitu haluskan sayuran tersebut hingga menghilangkan bentuk aslinya.

Sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat memaparkan, menghaluskan sayur membuatnya menjadi ‘tersembunyi’, sehingga anak-anak tak akan melihat bentuk asli dari sayuran tersebut.

Setelah melahapnya, beritahu bahwa apa yang telah ia makan adalah sayuran. Jika Moms mengolah dan memasaknya dengan tepat sesuai selera anak, bukan tidak mungkin si kecil justru akan semakin lahap dalam memakannya.

6. Pengolahan yang benar

Ilustrasi memasak sayuran. Sumber foto: www.theculinarypro.com

Ya, langkah ini merupakan cara agar anak mau makan sayur yang bisa Moms terapkan di rumah. Seringkali, si kecil menolak makan sayur karena bentuk, tekstur, dan rasanya yang tidak menggugah selera.

Pengolahan yang benar adalah kunci dari segalanya. Sebuah penelitian mengungkapkan, kebanyakan anak mau makan sayur yang disajikan menggunakan saus. Saus sendiri adalah salah satu komponen makanan yang sangat disukai anak.

Berbicara soal pengolahan, Moms tentu mengetahui dampak buruk dari penggunaan bumbu-bumbu tertentu. MSG misalnya, meski bisa menghasilkan rasa yang lezat, penggunaan berlebihan justru dapat menimbulkan efek buruk.

7. Jadilah contoh

Cara terakhir agar anak mau makan sayur adalah dengan memberinya contoh. Moms bisa menjadi contoh dalam memakan sayur sebelum menyuruh buah hati tercinta melakukannya. Buktikan bahwa sayuran tersebut aman untuk dikonsumsi.

Sudah menjadi rahasia umum, anak-anak akan meniru apa yang orang tua kerjakan. Dengan memberi contoh makan sayur, si kecil juga akan terpanggil untuk melakukan hal yang sama.

Nah, itulah tujuh cara agar anak mau makan sayur yang bisa Moms terapkan di rumah. Tetap penuhi nutrisi anak agar proses tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal, ya. Selamat mencoba!