Apa kabar spin lover? semoga baik – baik aja ya. Kali ini kita akan membahas salah satu kayu yang cukup populer penggunanya di dunia tenis meja. Kayu ini masuk 25 kayu paling banyak penggunanya dibading dengan kayu lain yang serupa baik spesifikasi maupun harganya. Kayu yang akan kita review kali ini tidak lain adalah kayu “Butterfly Viscaria”.

Sobat spin lover tentunya sudah tidak asing lagi mungkin dengan kayu ini, mengingat kayu ini dikeluarkan oleh salah satu merek yang sangat terkenal yaitu butterfly. Baiklah tanpa panjang lebar mari kita mulai saja reviewnya.

Spesifikasi Butterfly Viscaria

Spesifikasi ini akan membahas detail mengenai material yang digukan oleh sebuah kayu/bet/blade tennis meja. Seperti menggunakan berapa lapisan, jenis kayu, penggunaan karbon dan jenis karbon yang digunakan beserta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis Kayu dan Jumlah Lapisan

Blade ini memiliki 7 lapisan yang terdiri dari 5 lapisan kayu dan 2 lapisan karbon. karbon yang digunakan adalah ALC atau Arylate Carbon. Jenis karbon memiliki kelebihan yaitu dapat menyerap getaran lebih baik dari jenis karbon biasa yang digunakan pada sebagaian besar Blade.

Selain menggunakan karbon, blade ini juga menggunakan 5 lapisan kayu yang terdiri dari lapisan terluar dari kayu KOTO, LIMBA, KIRI, LIMBA, KOTO. Komposisi kayu ini memungkinkan kecepatan yang diimbangi oleh kontrol bola yang baik.

Secara keseluruhan blade atau kayu ini terdiri dari lapisan sebagai berikut : KOTO, ALC, LIMBA, KIRI, LIMBA, ALC, KOTO. Blade ini memiliki inti dengan kayu KIRI dan lapisan terluar menggunakan kayu KOTO, Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut ini :

butterfly viscaria struktur

butterfly viscaria struktur

Spesifikasi Teknis

Butterlfy viscaria merupakan kayu dengan kelas OFF atau Kayu dengan tipe serang. Artinya kayu ini didesain untuk para pemain yang mempunyai karakter permainan menyerang. Walau demikian bukan berarti kayu ini tidak bisa digunakan oleh pemain tipe lain, sebenernya itu bisa saja hanya mungkin kurang pas. Blade dengan tipe OFF biasanya memiliki spin yang tidak terlalu baik, terutama untuk back spin.

Berdasarkan data yang didapat di beberapa situs tenis meja, kayu ini di klaim memiliki spesifikasi teknis sebagai berikut:

Speed 8.5
Control 7.3
Hardness 6.4
Durability 8.5
Weight 90 g
Ply 7

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap produk yang dibuat pasti terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Namun apakah produk tersebut memiliki banyak kelebihan daripada kekurangannya?. Begitu pula dengan sebuah blade, pasti terdapat Kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui kelebihan dan kekuranganya mungkin para spin lover bisa memanfaatkan itu semua. Berikut ini adalah Kelebihan dan kekurangan yang ada pada blade butterfly viscaria:

Kelebihan

Dari beberapa situs dan forum tenis meja yang biasa dijadikan tolak ukur oleh para spin lover, blade ini memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah forum ini. Di Forum tersebut dibahas beberapa kelebihan blade ini dan diantaranya adalah sebagai berikut:

TOP SPIN
Blade ini masuk kedalam kelas OFF atau kelas serang, tentu saja pasti memiliki TOP SPIN yang sangat baik.

Dwelling Time
Walau masuk kelas OFF, blade ini memiliki DWELLING Time yang sangat bagus, Dengan dwelling time yang cukup, bola yang dihasilkan memiliki putaran yang kencang. DWELLING TIME adalah waktu bola diam diatas permukaan karet sebelum meluncur kembali.

SPIN – Back and Side
Dwelling time yang cukup tentu saja menghasilkan putaran bola yang kencang, sehingga spin yang dihasilkan juga sangat baik.

SPEED
Jika suatu blade masuk dalam kelas OFF maka bisa dipastikan blade tersebut memiliki kecepatan yang diatas rata-rata atau sangat cepat, baik itu ketika melakukan pukulan smash atau ketika mengambalikan smash tersebut.

Kekurangan

Dari beberapa rangkuman kelebihan yang ada pada blade ini ternyata ada pula kelemahan yang ada pada blade ini. Jika para spin lover mengetahui kelemahan blade ini diharapkan bisa mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang ada pada blade butterfly viscaria:

NO FEELING
Blade ini dapat meredam getaran dengan berkat ALC yang dipakainya. Tapi hal itu pula jadi mengurangi feeling dari blade ini.

KETAHANAN
Blade ini dalam beberapa forum dikatakan memiliki ketahanan yang tidak terlalu baik, alias cepat rusak. Tapi itu bisa dicegah dengan penyimpanan yang baik.

HARGA
Dari semua kekurangan yang ada pada blade ini mungkin ini menjadi yang paling dominan dirasakan para spin lover. harga dari blade ini cukup menguras kanton ternyata. walau bagitu, bisa dimaklumi karena ini adalah blade yang pernah digunakan oleh Zhang Jike.

Konfigurasi Karet

Blade yang bagus tentunya harus dibarengi dengan konfigurasi atau setup karet yang tepat. Tanpa konfigurasi karet yang tepat dengan permainan menjadikan blade ini hanya sebuah blade yang biasa saja. Tetapi jika menggunakan konfigurasi karet yang tepat blade ini menjadi senjata yang benar-benar mematikan untuk sebuah babak tenis meja.

Blade ini termasuk blade yang sangat gampang dalam konfigurasi karet untuk Forehand maupun backhand, hal itu karena blade ini cukup fleksibel jadi sebagian besar karet yang ada di pasaran akan cocok dengan blade ini. Spin lover hanya tinggal memilih saja mana yang cocok dengan tipe permainan yang akan diterapkan. Berikut ini adalah beberapa konfigurasi karet yang sering digunakan untuk blade ini, dari yang high end sampai dengan karet low end:

Karet High End

Konfigurasi karet ini merupakan konfigurasi yang sangat ideal namun dengan biaya yang cukup tinggi. Konfigurasi ini cocok untuk pemain tipe serang yang mengandalkan top spin yang kencang. Pada sisi FOREHAND (FH) menggunakan karet Butterfly Tenergy 05 dan untuk sisi BACKHAND (BH) menggunakan karet Butterfly Tenergy 64. Konfigurasi karet ini akan menghasilkan Top Spin yang sangat cepat dan back spin yang tajam. Biaya untuk konfigurasi karet ini adalah sekitar 1.8jt.

Karet medium

Konfigurasi karet ini cukup baik namun dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Hasil dari konfigurasi ini juga tidak terlalu jauh dengan penggunaan karet high end. pada sisi FOREHAND (FH) bisa menggunakan karet Yinhe Moon Speed, karet ini memiliki  karakter yang mirip dengan Tenergy 05 namun dengan Top Spin yang lebih lambat. Pada sisi BACKHAND (BH) bisa menggunakan Karet YASAKA Mark V. Biaya untuk konfigurasi karet seperti ini dari 750rb sampai dengan 950rb (masih dibawah 1 juta).

Karet Low End

Konfigurasi karet ini adalah konfigurasi dengan harga yang termurah. Biaya yang dihabiskan juga kurang dari 200rb untuk kedua sisi blade. Hasil dari konfigurasi karet ini tidak begitu baik, namun tidak menjadikan blade hebat ini menjadi mandul. konfigurasi paket hemat ini menggunakan karet Yinhe 9000E untuk FOREHAND (FH) dan menggunakan 729 FX (Friendship) Untuk BACKHAND (BH).

Konfigurasi atau setup karet diatas bukan merupakan standar baku yang mesti spin lover terapkan. Banyak setup lain diluar sana maupun setup pemain top dunia lainnya yang mungin lebih baik. Jika ada saran konfigurasi atau setup karek yang menurut para SPIN LOVER lebih baik dan terjangkau bisa tinggalkan di kolom komentar.

Harga Butterfly Viscaria

Berdasarkan pengecekan dari beberapa toko online yang menjual blade ini, harga berkisar antara 2,3jt sampai dengan 2,6jt. harga yang cukup fantastis untuk sebuah blade. Tapi itu semua bakal terbayar oleh kualitas dan kemampuan blade ini.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tadi, blade ini lebih kepada pengguna pro dibanding dengan pemula. Hal itu karena selain dari spesifikasi teknis tapi dari juga harganya. Terimas kasih. SALAM SPIN….