Generasi mobil terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan pendingin bawaan untuk menambah kenyamanan berkendara. Akan tetapi, banyak dari pemilik mobil yang tidak mengetahui cara merawat AC mobil agar awet terjaga. Bahkan tak jarang juga yang justru melakukan hal-hal yang mempercepat kerusakan, sehingga perlu melakukan service AC mobil.

Menjaga kondisi AC agar tetap prima sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak perlu ahlinya (montir). Catatan penting, Anda hanya perlu mempelajari hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk merawat kondisi AC mobil. Mungkin bisa melalui buku manual atau artikel-artikel dari internet. Nah berikut ini kami akan berikan 6 tips merawat AC mobil agar awet terjaga.

 

1. Menyalakan AC Minimal Seminggu Dua Kali


Tips pertama merawat AC mobil yang sering disepelekan ialah menyalakan AC mobil setidaknya seminggu dua kali ketika mobil jarang dipakai. Hal ini sangat penting, tujuannya agar terjalin sirkulasi udara dan gas freon sehingga tidak terjadi pengendapat yang bisa berakibat fatal seperti pengeroposan.

Asumsi hemat BBM dengan cara mematikan AC mobil dalam jangka waktu lama merupakan asumsi yang tidak tepat. Sebaliknya, cara merawat AC mobil agar tahan lama adalah dengan menghidupkan AC mobil Anda, bila perlu setiap hari digunakan AC selalu menyala. Hal ini untuk menghindari pengendapan freon yan menimbulkan masalah di kemudian hari.

 

2. Hindari Menghidupkan AC Sesaat Setelah Mobil Melaju Kencang


Sobat, upayakan Anda tidak menghidupkan AC ketika mobil sedang melaju dengan kecepatan tingi. Ketika Anda menginjak pedal gas RPM mencapai putaran tinggi, maka komponen pulley akan menghasilkan kecepatan tinggi pula. Jika dalam kondisi ini AC mobil dinyalakan, potensi pressure plate bergesekan dengan pulley akan terjadi, sehingga menyebabkan komponen-komponen pendingin cepat aus dan menyebabkan kerusakan.

 

3. Tidak Menaruh Cairan Pewangi di Dekat AC


Kebiasaan pengendara menaruh cairan pewangi pada sirip AC, bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada AC mobil. Dan tanpa disadari, cairan tersebut merupakan cairan yang memiliki kandungan bahan kimia yang berpotensi bocor, lali masuk ke dalam evaporator pendingin dan mengendap di dalam. Hal ini dapat menjadi endapan atau tempat berkumpulnya debu, kotoran, bahkan jamur yang kemudian dapat menimbulkan masalah pada AC mobil kesayangan Anda.

 

4. Bersihkan Filter AC


Filter atau penyaring AC merupakan elemen yang berguna untuk menyaring kotor agar tidak mudah masuk. Memperhatikan kebersihan filter AC mobil menjadi sangat penting sebagai upaya perawatan atau pencegahan dari kerusakan AC mobil. Usahakan Anda selalu mengecek kondisi filter AC mobil Anda, setidaknya dua bulan sekali. Kondisi filter kotor atau tidak, penting kiranya bagi Anda untuk membersihkannya.

 

5. Mematikan AC Sejenak


Tips merawat kondisi AC selanjutnya ialah mengatur penggunaan secara tepat. Apabila Anda melakukan perjalanan yang sangat jauh, penting bagi Anda untuk sejenak menepi mengistirahatkan mesin mobil. Hal mana secara tidak langsung, AC mobil pun akan beriistirahat sehingga kinerja tidak diforsir secara berlebihan yang akan berpotensi menimbulkan permasalahan.

 

6. Service Rutin


Tips terakhir dari kami ialah rutin melakukan service atau perawatan ke bengkel atau dealer resmi. Anda bisa menjadwalkan kunjungan setiap enam bulan sekali. Selain merawat kondisi AC, melakukan perawatan atau service berkala memungkinkan Anda mencegah kerusakan-kerusakan serius pada komponen atau bagian mobil yang lainnya.

Nah sobat, demikianlah ulasan kami terkait tips merawat kondisi AC mobil agar tetap prima dan tahan lama. Pastikan Anda mengamalkan tips terbaik ini ya! Salam.