Pemerintah tentu punya peran penting dalam upaya peningkatan ekspor barang dari Indonesia ke berbagai negara di dunia. Apalagi Indonesia punya berbagai produk yang memang sangat layak untuk diperdagangkan di taraf internasional. Baik barang ekspor Indonesia ke Australia atau negara lainnya semakin lancar dan mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahun.

Nah, pemerintah melakukan banyak upaya untuk meningkatkan ekspor dengan berbagai cara. Untuk diketahui ada banyak contoh ekspor yang laris manis di pasar dunia salah satunya kopi. Di bawah ini akan dijelaskan Apa saja upaya pemerintah untuk meningkatkan kegiatan ekspor dari Indonesia ke berbagai negara di dunia.

  1. Penambahan Keberagaman Produk

Indonesia melakukan ekspor banyak barang dan hal ini tentu membuat importir dari luar negeri akan lebih banyak juga. Untuk diketahui Indonesia punya banyak komoditas yang punya peluang di pasar internasional. Maka dari itu sebaiknya dari sisi para eksportir sebaiknya selalu memperbaiki kualitas produk yang dijual.

  1. Subsidi Ekspor

Hal kedua yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke luar negeri yaitu memberikan subsidi kepada para eksportir. Bantuan-bantuan ini terdiri dari berbagai jenis subsidi. Mulai dari keringanan pajak ekspor, kemudahan untuk pengurusan ekspor, tarif transportasi yang harganya lebih terjangkau hingga kemudahan dalam memperoleh pinjaman. Berbagai subsidi yang diberikan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pelaku ekspor dari Indonesia.

  1. Premi Ekspor

Nah pemerintah juga membantu pelaku ekspor yaitu dengan memberikan premi ekspor dalam bentuk insentif. Insentif Ini adalah sebuah penghargaan atas kegiatan ekspor yang semakin ditingkatkan kualitasnya oleh para pengusaha kecil dan menengah yang ada di Indonesia. Hal ini tentu membantu para pelaku ekspor semakin semangat untuk tetap mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan.

  • Devaluasi

Pemerintah melakukan kebijakan juga berupa devaluasi. Devaluasi adalah penurunan nilai mata uang rupiah terhadap mata uang asing. Hal ini dampaknya membuat harga barang ekspor dari Indonesia menjadi lebih murah di luar negeri jadi bisa lebih bersaing dengan berbagai negara lainnya.

  • Melakukan Promosi

Pemerintah juga melakukan upaya yaitu kegiatan promosi dagang ke luar negeri. Promosi ini bisa berupa pameran yang sebenarnya bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia di luar negeri. Ini dilakukan pemerintah agar orang-orang di berbagai negara lainnya bisa lebih mengenal produk-produk yang ada di Indonesia yang ternyata berkualitas.

  1. Perjanjian Internasional

Nah yang terakhir tentunya kebijakan pemerintah dalam menggenjot ekspor Indonesia ke luar negeri dengan melakukan perjanjian internasional. Perjanjian ini tentunya tidak hanya menguntungkan Indonesia tapi kedua belah pihak di bidang perekonomian domestik. Perjanjian yang dilakukan umumnya berbentuk bilateral regional dan juga multilateral.

Nah demikian 6 usaha pemerintah untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke luar negeri. Ada cukup banyak barang ekspor Indonesia ke Australia atau berbagai negara lainnya yang kini semakin meningkat penjualannya. Ketika melakukan ekspor barang tentu membutuhkan jasa ekspor terpercaya yang tentunya ada cukup banyak di pasaran. Anda bisa memilih jasa ekspedisi terpercaya yaitu Kilo.id dengan biaya pengiriman lebih terjangkau dan juga punya ketepatan waktu untuk kedatangan barang.

Selain itu pengiriman barang dengan Kilo.id sangat cepat tanpa harus menunggu terlebih dahulu kuota pengiriman penuh. Anda juga akan mendapatkan berbagai fasilitas demi kenyamanan para konsumen dari jasa ekspedisi ini. Tunggu apalagi segera gunakan jasa ekspedisi Kilo.id untuk kenyamanan pengiriman barang ke luar negeri, baik untuk negara Australia ataupun berbagai negara lainnya yang ada di dunia.