Platform digital jual beli barang dan jasa BUMN yang hadir pada Agustus 2020 dengan tujuan untuk membantu pelaku usaha UMKM agar mampu Go Digital dan siap bersaing baik secara nasional maupun internasional. Beberapa BUMN gabungan siap untuk berbelanja secara rutin dengan platform digital ini agar UMKM mampu bertahan dan terus berkembang untuk masa depan terutama selama masa pandemi masih berada di Indonesia.

Para pembeli di PaDi UMKM memiliki dua akun yang memiliki peranan berbeda yaitu akun staff dan akun manager, tanggung jawab yang di emban oleh akun staff sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yang bisa dilihat kembali bagi Anda yang belum sempat membacanya. Pada pembahasan berikut ini, fokus akan ditujukan kepada akun manager. Dikutip dari website resmi platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini, berikut Langkah akun manager dalam menyetujui persetujuan  pembelian.

Kunjungi website padiumkm.id lalu pada halaman utama klik “Masuk”, dan masukkan email serta password yang telah di registrasikan dan klik “Login”. Setelah login, aka nada tampilan Menu yang isinya terdapat Permintaan Pembelian, Daftar Transaksi, Kotak Pesan, Pengguna, Profil, Katalog, Ulasan, Rencana Belanja. Selanjutnya klik “Permintaan Pembelian” kemudian review pesanan yang sudah pesan oleh akun staff. Caranya, klik tombol “Lihat” pada nomor order pembelian yang ingin di review.

Selanjutnya, jika dirasakan pesanan sudah tepat dan sesuai maka arahan lainnya klik tombol “Setuju” dan pesanan akan diteruskan kepada penjual, namun jika dirasakan pesanan tidak sesuai Langkah tepatnya diarahkan untuk klik “Tolak” dan jika membutuhkan perubahan pada pesanan maka Langkah selanjutnya bisa klik “Revisi” dan pesanan akan dikembalikan ke akun staff untuk melakukan revisi pesanan. Jika pesanan disetujui, Purchase Request akan menjadi purchase order yang dapat diproses oleh penjual. Setelah status pesanan disetujui, dokumen purchase order akan otomatis muncul di akun staff.

Jika ingin melakukan pengecekan ulang dari pesanan yang telah disetujui, pilih menu “Daftar Transaksi” pada menu akun manager lalu pilih transaksi dengan status disetujui setelah itu klik tombol “Lihat” maka akan terlihat tampilan dokumen “Purchase Order” pada bagian dokumen “Transaksi”.

Tingginya potensi UMKM dalam menjadi roda utama penggerak ekonomi bangsa di berbagai situasi ekonomi, membuat Kementerian BUMN dan seluruh BUMN bersinergi untuk membangun platform yang dapat menggerakkan ekosistem UMKM secara digital dan sistematis dalam skala nasional berkelanjutan. Untuk itulah PaDi UMKM hadir. PaDi UMKM dan fitur-fitur di dalamnya, didesain untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan UMKM secara sistematis di era digital, pada skala nasional maupun global.

Pengadaan barang dan jasa BUMN yang tersedia dalam platform digital ini akan dikemas secara lengkap dan transaparan. Beberapa Fitur PaDi UMKM seperti Control Tower Dashboard yang dimana menyajikan informasi terkait UMKM dan pembelanjaan BUMN terhadap UMKM yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah dan Kementerian BUMN sebagai dasar analisa untuk penentu kebijakan.