Pihak Toyota kembali melakukan trbosan baru dengan mengeluarkan seri terbaru dari Toyota Fortuner tahun ini. Dan kabarnya ini adalah salah satu dari bagian besar rencana Toyota dalam memenangkan persaingan dengan merek lain termasuk di Indonesia.

Karena memang peminat Toyota dengan segmen menengah ke atas seperti Fortuner sendiri jumlahnya terus mengalami peningkatan, maka tidak heran Toyota kembali melakukan trobosan barunya.

Ya seri ini dinamakan dengan Toyota Fortuner 4×4 SUV dengan mengeluarkan beberapa jenis variasi yang berbeda dan tentu saja juga akan beda dari sisi harga dan speknya dimana ke empat varian ini antara lain :

  • Toyota Fortuner Type 4 G MT dengan harga OTR Saat ini Kisaran 504,9 Juta
  • Toyota Fortuner Type 4 G AT dengan harga OTR Saat ini Kisaran 522,6 Juta
  • Toyota Fortuner Type 4 VRZ AT dengan harga OTR Saat ini Kisaran 553,4 Juta
  • Toyota Fortuner Type 4 G AT dengan harga OTR Saat ini Kisaran 522,6 Juta
  • Toyota Fortuner Type 4 VRZ AT dengan harga OTR Saat ini Kisaran 553,4 Juta
  • Toyota Fortuner Type 4 TRD AT Rp dengan harga OTR Saat ini Kisaran 568 Juta

Jika diperhatikan dari range harga memang menyasar pasar kelas mewah ya dengan harga termurah setengah M dengan type terendah sedangkan yang tertinggi hampir 570 juta.

Apa saja fiture dari mobil fortuner keluaran terbaru ini ? coba kita review sedikit saja sebagai gambaran saja.

Eksterior

Kita coba cek bagian tampilan luar pada mobil ini dari penggunaan lampu depan sudah menggunakan jenis lampu Quad LED dengan desain housing baru, dan gril depan berjaring.

Lampu kabut, lampu sein, dan lampu lainya juga dari sisi gaya sudah banyak mengalami perubahan dari pendahulunya menjadi lebih sederhana dan tampak lebih mewah.

Kemudian bagian bemper belakang dan depan mobil ini akan sangat mewakili sekali jika Toyota semakin menekankan jika Fortuner adalah mobil SUV paling berkelas sekarang ini.

Sementara itu pada bagian lampu depan LED Bi-Beam sudah di desain lebih baru dan semakin tajam bersamaan pula dengan revisi gril depan dan bumper depan.

Sedangkan pada bagian velg sendiri diupgarade lebih besar menjadi ukuran 18 dengan desain lebih segar dan baru tentu saja.

Yang membuat Fortuner keluaran terbaru ini menjadi tampak lebih khas adalah bagian atap, pilar A, spion, dan spoiler belakang yang dipasang di atap dengan warna hitam.

Warna bodi baru juga tidak kalah menarik memang dengan warna dasar Bronze Mica Metallic dilengkapi pula dengan Black Roof yang eksklusif membuat fortuner keluaran terbaru ini semakin gahar dan luxury.

Performa

Mesin Toyota yang telah terbukti kuat sampai sekarang tetap dipertahankan dengan ketersediaan mesin diesel common rail 1GD-FTV 4 silinder baru dengan turbocharger nozel variabel Intercooler.

Mesin baru 2.8L menghasilkan 204 PS @ 3.400 rpm dan torsi 500 Nm @ 1.600 – 2.800 rpm.

Mesin Diesel Turbo Toyot telah direkayasa dengan struktur yang dioptimalkan untuk blok silinder dan paking kepala, dan menggabungkan poros keseimbangan untuk mengurangi getaran dan tingkat kebisingan.

Efisiensi yang lebih tinggi dicapai dengan sistem injeksi common rail yang dikontrol secara elektronik yang dapat menyalurkan bahan bakar pada tekanan maksimum hingga 250 MPa.

Pompa oli mampu melakukan operasi dua tahap untuk menghasilkan tekanan yang optimal, sementara pendingin pra-EGR tipe pipa ganda berpendingin air membantu menjaga suhu gas buang yang disirkulasi ulang tetap optimal.

Fortuner ini juga dilengkapi power steering Variable Flow Control (VFC) untuk membantu meningkatkan penghematan bahan bakar dengan mengurangi torsi konsumsi pompa power steering.

Sistem penggerak keluaran terbaru ini sendiri sudah dilengkapi Auto Limited Slip Differential (LSD).

Perangkat ini sangat berguna dalam kondisi yang paling sulit dan menggunakan sistem kontrol pengereman saat salah satu roda belakang mulai berputar.

Hal ini memungkinkan tenaga mesin dipertahankan dengan tenaga yang diarahkan ke roda dengan transisis yang lebih baik.

Tentu saja harga yang diberikan oleh pihak Toyota sendiri sangat sebanding dengan spesifikasi yang ada pada mobil Suv terbaik saat ini.