Self-love atau yang biasa disebut sebagai mencintai diri sendiri adalah keadaan yang membuat kita bisa lebih menghargai diri sendiri baik pada kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki. Namun, definisi tentang self-love dari setiap manusia tentu berbeda-beda karena setiap dari kita melihat hal tersebut dari berbagai macam sudut pandang. Tentu kitalah yang lebih mengerti bagaimana cara untuk membahagiakan diri ini.

Mencintai diri sendiri termasuk salah satu tips sehat yang dapat kita lakukan. Selain menguntungkan ketika dilakukan, hal ini juga dapat membuat kesehatan mental terjaga dengan baik. Percuma saja kan jika raga kita sehat, namun mental kita terganggu. Hal tersebut sama saja dengan kita sedang sakit atau sedang tidak baik-baik saja walaupun tampak dari depan seolah seperti tidak terjadi apa-apa.

Ada berbagai macam kebiasan yang perlu kita lakukan untuk proses mencintai diri sendiri demi terjaganya kesehatan mental, antara lain :

  1. Melakukan hal-hal yang disukai

Hal-hal yang disukai antara satu orang dengan orang lain tentu berbeda. Menjalankan aktivitas yang kita suka selama tidak merugikan orang lain pun tak apa dilakukan, walaupun orang lain tidak menyukainya. Jangan khawatir akan menjadi perbincangan mereka dibelakang, sebab kita berhak untuk kebahagiaan diri sendiri.

  1. Maafkan diri sendiri

Pada hakikatnya manusia memang tempatnya salah, jadi wajar saja jika kita pernah melakukan kesalahan. Namun perlu diingat, kesalahan yang sempat dilakukan dapat kita jadikan sebagai bahan pembelajaran untuk perkembangan diri sendiri. Maaafkanlah dirimu, jangan pernah lontarkan kalimat-kalimat buruk terhadap diri sendiri yang dapat membuat mental menjadi down.

  1. Berfikiran positif

Mulailah untuk mengatakan hal-hal positif terhadap dirimu, seperti hari ini cerah, aku bisa bermanfaat untuk sesama, aku mampu melakukannya, aku hebat dan lain-lain yang membuat pikiran menjadi bahagia. Sehingga, fisik kita memiliki aura yang positif karena kesehatan mental berjalan dengan baik.

  1. Menjauh dari hubungan yang toxic

Hubungan yang toxic bukan hanya pada relathionship, melainkan hubungan pertemanan yang toxic pun perlu dihindari. Selain merugikan diri sendiri, berada pada hubungan toxic dapat membuat kesehatan mental terganggu.

  1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Membanding-mbandingkan dengan orang lain tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan pasti akan ada saja hal yang bisa untuk dijadika sebagai bahan pembanding, seperti misalkan dia lebih cantik, dia lebih kaya, dia lebih sempurna, dia mampu sukses di usia muda dan sebagainya. Perlu kita ketahui, setiap diri kita itu unik dan tiap dari kita memiliki kelebihannya masing-masing. Jadi, mulailah untuk mencintai dirimu sendiri dengan cara berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain.

  1. Berani berkata “tidak” pada hal yang merugikan dirimu

Terkadang, ada dari kita yang memiliki rasa engga enakan kepada seseorang. Sehingga membuat kita susah untuk mengatakan tidak kepadanya. Mungkin anda perlu mencoba mengatakan ini ketika dihadapkan pada situasi yang memang perlu untuk mengatakan “tidak” demi terciptanya kebahagian diri sendiri. Jangan ragu untuk mengatakan hal demikian karena tidak termasuk dalam kategori kejahatan, melainkan bentuk dari self-love.

Seperti itulah tips hidup sehat untuk menjaga kesehatan mental dengan cara self-love yang bisa anda lakukan mulai hari ini. Tidak perlu terburu-buru hari ini harus melaksanakan semuanya, cukup dengan memulainya sedikit-sedikit dan menjadikannya sebuah kebiasaan. Karena nanti dari kebiasaan tersebut mampu menciptakan rasa self-love itu sendiri. Sekian, terima kasih.