Ada kalanya dalam kehidupan, seseorang memiliki kebutuhan yang jika tidak segera dipenuhi akan mengakibatkan masalah yang lebih serius. Dengan alasan tersebut, banyak orang memilih untuk mengambil pinjaman di bank berupa uang tunai untuk memenuhi kebutuhannya. Ada kalanya juga seseorang ingin membeli barang namun karena harganya yang mahal, harus membeli dengan sistem kredit sehingga barang lebih cepat dimiliki meski uang yang ada belum cukup. Konsekuensi dari keduanya adalah timbulnya kewajiban berupa cicilan atau angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya hingga selesai masa kredit seperti yang telah disepakati di awal perjanjian.

Dengan mengambil kredit di bank atau kredit barang, Anda berarti menyetujui pengembaliannya dengan cara cicilan setiap bulan. Pasti sudah diketahui bahwa mengambil cicilan berarti Anda siap mengembalikan dengan nominal yang nantinya berjumlah lebih besar dibandingkan apa yang Anda pinjam. Bisa jadi total angsuran hampir mencapai 2 kali jumlah pinjamannya jika Anda mengambil masa tenor yang paling lama. Mau tak mau setiap bulannya Anda harus menyiapkan dana sebesar nominal angsuran agar kredit cepat selesai dan Anda bisa terlepas dari kewajiban.

Bagi Anda yang mengalami kesulitan mengatur keuangan sehingga setiap kali akan jatuh tempo masih belum ada uang yang terkumpul sebesar cicilan yang harus dibayarkan, maka berikut ini adalah tips-tips yang bisa membantu Anda untuk mempersiapkan uang dengan lebih baik:

1. Bayar di awal gajian.

Jika Anda adalah seorang karyawan, maka bayarlah semua cicilan Anda di awal gajian. Di awal gajian, uang Anda masih utuh sehingga seharusnya memiliki kemampuan membayar semua cicilan yang ada. Jangan sisakan cicilan meski waktunya masih lama jika Anda tak memiliki sumber penghasilan lainnya.

2. Membayar setelah uang terkumpul.

Jika Anda adalah seorang wirausaha yang memiliki penghasilan tidak menentu, maka langsung bayarkan cicilan yang memiliki tanggal jatuh tempo terdekat setelah Anda memiliki uang yang cukup. Namun tetap sisakan uang untuk modal usaha dan hanya gunakan uang hasil laba saja untuk membayar cicilan sehingga usaha Anda tetap bisa berjalan seperti biasa.

3. Pola hidup sederhana.

Selama masih memiliki kewajiban angsuran, maka seharusnya Anda tidak hidup bermewah-mewah seperti makan makanan yang terlewat mahal demi gengsi atau mengikuti trend. Selesaikan terlebih dahulu kewajiban Anda setidaknya dalam periode satu bulan angsuran barulah Anda bisa menggunakan sisa uang untuk kebutuhan yang lain. Namun tetap ingat bahwa bulan depan Anda masih memiliki kewajiban yang lainnya.

4. Kredit lain?

Hitung jumlah angsuran yang Anda miliki dan bandingkan dengan penghasilan rata-rata bulanan. Jika jumlahnya sudah melebihi 30% maka Anda tak boleh mengambil kredit lainnya agar keuangan menjadi seimbang. Lebih baik tabung uang untuk nantinya digunakan membeli barang mahal meski waktu yang dibutuhkan lebih lama. Dengan begitu Anda akan bisa membelinya dengan harga normal dan memiliki kehidupan yang lebih tenang.

Itulah tips yang bisa Anda praktekkan jika ingin melunasi pinjaman online cicilan dengan segera dan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Manajemen keuangan sangat penting untuk memastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar kredit yang telah Anda ambil. Jangan lupa untuk berkomitmen tidak menambah kredit baru jika sudah mencapai 30% dari penghasilan Anda agar memiliki cukup dana untuk membayar kredit yang sudah ada dan memenuhi kebutuhan lainnya baik untuk pribadi maupun rumah tangga.