Penyakit asam lambung merupakan salah satu gangguan pencernaan yang kerap kali dialami oleh masyarakat, gangguan kesehatan yang satu ini dikenal juga dengan istilah gerd, yaitu sebuah kondisi dimana katup atau stringer yang ada di bagian kerongkongan bagian bawah melemah, sehingga mengakibatkan asam lambung naik ke bagian kerongkongan, bahkan tak jarang juga sampai masuk hingga ke mulut. Penyakit yang satu ini akan membuat penderitanya mengalami rasa mual bahkan juga muntah.

Banyak orang yang kerap kali menyepelekan gangguan kesehatan ini, padahal jika seandainya dibiarkan dalam jangka waktu lama, bisa memicu kondisi yang semakin parah. Bahkan juga bisa jadi faktor penyebab terbentuknya kanker di dalam tubuh. Karena memang pada dasarnya gerd ini termasuk sebagai penyakit kronis yang menyerang sistem pencernaan.

Bahkan ketika kondisinya sudah cukup parah maka akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari, termasuk diantaranya adalah waktu istirahat Anda. Untuk itu maka penting sekali mengenali gejala penyakit GERD ini sedini mungkin, jadi pengobatan juga bisa segera dilakukan, yaitu:

  1. Nyeri pada ulu hati, gejala yang pertama adalah rasa nyeri yang timbul pada bagian ulu hati, bahkan bisa menjalar hingga ke area kerongkongan. Banyak yang merasakannya seperti terbakar, durasi yang dirasakan oleh penderitanya tersebut juga cukup lama antara 2 hingga 3 jam.
  2. Rasa nyeri setelah makan, penderita gangguan kesehatan yang satu ini umumnya juga akan mengalami rasa nyeri pada area perut atau bahkan kerongkongan selepas atau selesai mereka mengonsumsi makanan. Karena ketika makanan masuk kedalam perut, maka akan turut memicu asam lambung juga ikut diproduksi. Untuk itu patut bagi penderitanya menghindari berbaring setelah makan, begitu juga dengan menghindari beberapa jenis makanan yang memang dapat memicu peningkatan asam lambung.
  3. Rasa pahit pada mulut, sering kali Anda merasakan mulut pahit, padahal tidak sedang sakit, maka bisa jadi ini merupakan gejala awal GERD. Karena memang peningkatan asam lambung akan menyebabkan lidah mengalami masalah saat mengecap rasa, termasuk diantaranya adalah sensasi pahit yang dirasakan.
  4. Suara yang menjadi serak, dalam jangka waktu lama, jika seandainya asam lambung terus-menerus naik hingga ke bagian kerongkongan. Memang akan menyebabkan dampak yang cukup serius seperti perubahan pada suara yang menjadi serak. Hal ini disebabkan karena zat asam tersebut mengiritasi area tenggorokan dan juga pita suara.
  5. Mual, sebagian besar diantara penderita gerd memang akan mengalami kondisi semacam ini, yaitu rasa mual bahkan juga ingin muntah. Untuk itu patut bagi Anda menghindari jenis makanan yang berminyak dan juga berlemak. Termasuk diantaranya juga minuman yang banyak mengandung gas.
  6. Radang tenggorokan, iritasi pada bagian tenggorokan sangat mungkin terjadi karena peningkatan asam lambung tersebut. itulah mengapa tak jarang diantara penderita gerd yang juga akan mengeluhkan kondisi batuk kering, karena tenggorokan mengalami peradangan.
  7. Kesulitan dalam menelan makanan, peradangan yang cukup parah terjadi di sepanjang esofagus akan membuat penderitanya kesulitan untuk menelan makanan, akan ada sensasi makanan tersebut terganjal dan tidak masuk kedalam perut.
  8. Napas menjadi bau, asam lambung juga akan menyebabkan aroma napas menjadi kurang sedap, karena hal ini juga mampu untuk menyebabkan kerusakan pada gigi.

Sebaiknya segera lakukan langkah pengobatan jika seandainya sudah mulai merasakan gejala gerd tersebut. Jangan dibiarkan terlalu lama karena dapat memicu masalah yang serius.