Percaya atau tidak, belanja adalah salah satu rutinitas yang bisa mengontrol pengeluaran atau bahkan menggembungkan pengeluaran. Untuk itu, mengontrol pengeluaran saat belanja mingguan perlu dilakukan, terutama di tengah pandemi Covid 19 seperti ini. Tidak hanya perlu lebih berhemat, belanja pun perlu dilakukan dengan lebih aman.

Untuk para ibu rumah tangga, belanja memang wajib dilakukan secara bijak agar dapat belanja dengan aman, serta lebih menghemat pengeluaran bulanan namun gizi sekeluarga tetap tercukupi.

Umumnya, belanja untuk kebutuhan sehari – hari bisa dilakukan satu Minggu sekali atau satu bulan sekali. Tapi untuk belanja kebutuhan memasak sehari – hari, sebaiknya belanja dilakukan sehari sekali atau minimal seminggu sekali agar selalu dapat bahan makanan yang segar.

Agar dapat belanja dengan bijak dan hemat, ini dia cara pintar yang bisa dipraktekkan oleh para ibu – ibu atau siapapun.

Tentukan Budget Mingguan

Nomor satu yang harus diperhatikan sebelum mulai belanja adalah menentukan budget belanja mingguan untuk beli bahan makanan dan kebutuhan sehari – hari. Penentuan budget ini tentu disesuaikan dengan pendapatan bulanan, ya. Alokasikan uang belanja sebesar 15-20% untuk belanja bahan makanan kemudian bagi menjadi 4 Minggu dalam 1 bulan.

Tentukan Menu Makanan untuk Seminggu

Setelah menentukan budget belanja Mingguan, anda perlu menentukan menu makanan yang bisa anda masak dalam seminggu. Jika budget belanja yang anda siapkan cukup untuk makan menu sederhana, sesuaikan menu makanan sederhana yang tidak memerlukan budget besar namun harga tetap juara. Ada banyak sekali referensi di Google maupun Youtube loh.

Buat List Belanja

Setelah anda tau akan masak apa saja dalam seminggu, langkah berikutnya adalah membuat list belanja sesuai menu yang akan anda masak. Dengan cara seperti ini, anda juga bisa cek kembali harga masing – masing bahan, apakah masih sesuai dengan budget yang tadi sudah anda tentukan.

Tentukan Jadwal Khusus untuk Belanja

Setelah anda tahu berapa banyak budget yang anda sediakan dan tahu akan masak apa saja dalam seminggu, selanjutnya pilih jadwal khusus untuk belanja. Jika lokasi anda saat ini dekat dengan pasar atau swalayan, anda dapat belanja setiap hari maupun 2 kali seminggu sesuai kebutuhan. Pilih jadwal khusus untuk belanja makanan yang memiliki daya simpan lama dan singkat seperti waktu khusus belanja ayam dan daging dengan waktu khusus belanja sayur-sayuran hijau.

Tentukan dimana Anda Akan Belanja

Menentukan waktu belanja juga tak kalah penting. Karena tempat belanja akan menentukan berapa banyak ongkos yang anda perlukan untuk menuju kesana, berapa harga yang ditentukan, dan seberapa jauh jaraknya dengan rumah anda.

Jika sekitar rumah anda ada minimarket sederhana, tukang sayur keliling, maupun toko kelontong, pasti akan lebih baik membeli di toko seperti itu. Selain menghemat pengeluaran, anda pun semakin mengenal lingkungan sekitar anda.

Belanja Sendirian

Memang terdengar konyol dan tidak ada hubungannya dengan tips belanja diatas, tapi belanja sendiri dan belanja dengan teman atau keluarga memiliki dampak yang sangat berbeda. Dengan belanja sendirian, anda akan lebih fokus belanja sesuai kebutuhan yang anda tulis di list belanjaan.

Namun jika belanja dengan teman Maupun keluarga, anda akan tergoda untuk menambah keranjang belanja anda hanya karena keluarga anda menambahkan item belanja lainnya atau anda melirik produk yang dibeli teman anda hanya karena ‘terasa’ anda butuhkan padahal anda belum membutuhkannya.

Cara – cara tersebut akan lebih mudah anda lakukan jika anda belanja sayur online di platform tanihub.com. Melalui website tersebut anda dapat belanja kebutuhan sehari – hari hanya dengan smartphone saja. Anda hanya perlu menyendiri di rumah anda dan berkonsentrasi apa saja yang perlu anda beli. Tunggu saja di rumah dan paket kebutuhan anda akan tiba di depan rumah anda.

Itu dia trik cerdik belanja hemat untuk satu Minggu yang bisa membantu anda agar lebih bijak mengatur pengeluaran untuk belanja kebutuhan. Semoga bermanfaat.