Upin Ipin merupakan kartun yang ringan sehingga mudah dipahami anak-anak. Beragam aksi yang dilakukan oleh Upin Ipin dengan teman sebayanya seru diikuti. Bahkan pesan moral juga ada yang bisa didapat dari kartun Upin Ipin sehingga penting juga ditonton anak-anak. Beberapa pesan moral dan pelajaran hidup dari serial Upin Ipin juga relevan untuk mereka yang sudah dewasa.

Beberapa Pelajaran Hidup Penting Yang Dapat Dipetik Dari Serial Film Kartun Upin Ipin

Tidak ada salahnya tentu menjadikan pelajaran dan pesan baik serial Upin Ipin tersebut sebagai pedoman. Sehingga nantinya bisa menjadi orang yang lebih baik untuk orang sekitar. Berikut ini beberapa pelajaran hidup tersebut dari serial Upin Ipin.

1. Menghormati orang yang lebih tua dari kita

Di dalam film kartun Upin Ipin, tokoh utamanya yaitu Upin Ipin itu sendiri merupakan kakak beradik kembar dan dikisahkan juga sebagai yatim piatu. Mereka tinggal bersama dengan nenek serta kakak perempuannya yaitu Kak Ros. Upin Ipin selalu diingatkan tidak merepotkan neneknya dan selalu hormat kepada sang kakak.

Walau terkadang Upin Ipin sering jahil dan juga menyebalkan, tetapi kakak beradik ini selalu menunjukan juga sikap berbakti terhadap nenek dan kakak yang tulus merawat mereka. Selain itu, Upin Ipin selalu bersikap dengan baik juga kepada guru mereka termasuk tetangga yang lebih tua seperti Tok Dalang.

2. Mengajarkan keberagaman terhadap ras dan agaman

Pelajaran berharga lain yang penting dan cukup mencolok juga dari kartun Upin Ipin yaitu keberadaan beberapa tokoh dari latar belakang yang berbeda. Misalnya saja ada Mei Mei yaitu teman sekelas Upin Ipin yang merupakan ras Tionghoa. Ada juga teman Upin Ipin lainnya yaitu Jarjit yang dari keturunan India.

Termasuk juga ada Susanti yang berasal dari Indonesia. Di Malaysia sendiri memang ada banyak keberagaman etnis. Adanya tenggang rasa tokoh-tokoh kartun Upin Ipin patut ditiru. Di mana saja kamu tinggal, tentu harus menerapkan sikap tenggang rasa tersebut.

3. Berusaha lebih dahulu sebelum mendapatkan hasilnya

Dikisahkan Upin Ipin bukan keluarga yang kaya raya. Lalu mereka dan keluarganya juga tidak tinggal di kawasan kota yang semuanya serba tersedia. Sering saat Upin Ipin menginginkan sesuatu, maka mereka harus membuat lebih dahulu, misalnya seperti mainan. Bahkan pada saat makan buah, ada tokoh Tok Dalang yang mengajak mereka membantu panen buah langsung dari pohon.

Ada episode Upin Ipin di mana Upin Ipin membantu tok Dalang panen rambutan yang memakai galah untuk memanennya. Dengan begitu, maka Upin Ipin sudah terbiasa untuk bersusah-susah lebih dahulu baru bersenang-senang kemudian. Kartun Upin Ipin juga mengingatkan kita kalau tidak ada hasil yang instan.

4. Belajar bisnis dari sejak kecil

Ada salah satu tokoh yang sangat menggambarkan pelajaran hidup tersebut di dalam serial Upin Ipin yaitu Mail. Meskipun Mail ini digambarkan sebagai pribadi yang cenderung pelit dan sedikit angkuh, sebenarnya Mail bisa menjadi inspirasi untuk kita agar lebih pintar melihat peluang bisnis.

Mail ini diceritakan bisa membaca peluang untuk mencari penghasilan tambahan terutama dengan cara berjualan. Sehingga dari Mail, kita bisa belajar bisnis dari sejak dini dan sebenarnya bukan hal tabu karena belajar itu tidak ada salahnya. Masih banyak sebenarnya pelajaran hidup yang bisa kita semua dapat dari kartun yang sederhana ini. Sekian dan semoga bisa menjadi inspirasi kamu semua.