Banyak orang yang mengalami diare dikarenakan sembarangan dalam mengonsumsi makanan, asal tergiur dengan tampilannya yang tampak menggoda tanpa mempertimbangkan apakah makanan tersebut terjaga kebersihannya ataukah tidak. Apalagi faktanya banyak sekali penjual yang tidak menjamin higienitas dari makanan yang mereka buat, sehingga tak jarang terselip bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya diare. Penyakit yang memang tidak dapat disepelekan.

Diare dapat ditandai dengan bang air besar secara terus-menerus, ditambah lagi dengan feses yang dikeluarkan juga cair. Hal tersebut kerap kali membuat penderitanya mengalami dehidrasi yang bahkan bisa berujung pada kematian. Itulah mengapa diare pernah menjadi salah satu wabah yang cukup mematikan di zaman dahulu. Berbicara mengenai penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini pada dasarnya tetap ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini ada beberapa cara menghentikan diare yang cepat dan mudah, yaitu:

  1. Konsumsi obat antidiare, ada banyak sekali diantara alternatif obat di pasaran yang dapat Anda pakai untuk mengatasi diare. Diantaranya tentu saja bisa dibeli di apotek terdekat. Obat tersebut akan bekerja untuk memperlambat aktivitas usus besar, sehingga nantinya frekuensi buang air besar juga akan berkurang. Ada banyak pilihan merknya di pasaran, termasuk diantaranya adalah Entrostop yang nyatanya memang banyak digunakan oleh masyarakat.
  2. Minum oralit, selama terkena diare maka tubuh akan banyak kehilangan cairan, hal ini secara otomatis juga akan berdampak pada keseimbangan elektrolit yang ada dalam tubuh, tentunya patut untuk diwaspadai. Karena jika seandainya dibiarkan maka hal tersebut besar kemungkinan juga bisa menyebabkan Anda mengalami dehidrasi berat. Sehingga sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi oralit, ini adalah minuman yang dapat dibuat sendiri dari campuran air, gula dan juga garam, selain itu juga ada yang lebih praktis yang dapat Anda beli di apotek.
  3. Air elektrolit, tak hanya oralit saja, melainkan sekarang ini juga tersedia air elektrolit yang banyak dijual di pasaran. Ini merupakan air yang mengandung banyak mineral bermanfaat didalamnya. Seseorang yang sedang terkena diare memang tak dapat dipungkiri jika seandainya kadar elektrolit yang ada dalam tubuhnya juga mengalami penurunan, guna menggantikan cairan elektrolit yang hilang tersebut maka bisa dengan mengonsumsi air elektrolit ini.
  4. Mengonsumsi makanan dengan kandungan prebiotik, diare juga bisa terjadi karena bakteri yang ada dalam usus tidak seimbang, dimana lebih banyak bakteri jahat didalamnya. Sehingga sebagai solusi untuk mengatasinya maka Anda bisa memperbanyak makanan dengan kandungan bakteri baik atau prebiotik seperti diantaranya adalah yogurt dan juga makanan fermentasi yang lainnya, ini akan bagus untuk menormalkan kembali kinerja usus Anda.
  5. Diet BRAT, Anda juga dapat menjalankan diet BRAT dengan cara mengonsumsi pisang, nasi, saus apel dan juga roti panggang. Nyatanya jenis diet yang satu ini secara efektif juga mampu untuk mengatasi masalah diare yang Anda hadapi, apalagi karena memang sifat hambar dari makanan tersebut, ditambah lagi dengan kandungan serat didalamnya juga rendah. Sehingga bagus untuk meredakan diare Anda.

Itulah cara menghentikan diare yang aman dan juga cepat yang dapat Anda terapkan. Diare yang dibiarkan dalam jangka waktu lama beresiko tinggi untuk menyebabkan masalah yang lebih serius. Untuk itu ada baiknya segera diobati. Apalagi ada banyak obat-obatan yang praktis dan mudah didapatkan di pasaran.