Tahukah Anda bahwa ada banyak aktivitas yang sering diabaikan sehingga dapat menyebabkan lambung menjadi kambuh dan bermasalah. Hal tersebut karena Anda tidak menghindari berbagai penyebab asam lambung naik. Setidaknya Anda perlu menghindari berbagai aktivitas tertentu sehingga lambung tetap dalam kondisi sehat dan terjaga.

Berbagai Penyebab Asam Lambung Naik

 

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang paling sering mengalami masalah. Oleh karena itu, jangan sampai Anda melakukan berbagai aktivitas yang menyebabkan penyakit lambung menjadi kambuh. Di bawah ini beberapa aktivitas yang perlu Anda hindari:

1. Gaya hidup yang tidak sehat

Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan menjalani gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi organ lambung. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut agar nantinya lambung tetap dalam keadaan sehat tanpa adanya masalah apapun.

Beberapa contoh dari gaya hidup tidak sehat tersebut seperti minum-minuman mengandung alkohol, minum kopi berlebihan, minum-minuman mengandung soda berlebihan, merokok, dan masih banyak lagi.

2. Jadwal makan yang tidak teratur

Makan adalah aktivitas yang paling sering diremehkan oleh kebanyakan orang. Terlebih, bagi mereka yang memiliki aktivitas super padat terkadang sangat menyepelekan makan tepat waktu. Alhasil jadwal makan mereka pun menjadi sangat tidak teratur. Tentu saja hal tersebut akan menyebabkan lambung menjadi bermasalah.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menghindari kebiasaan tersebut, khususnya saat di malam hari. Pasalnya, jadwal makanan yang tidak teratur hanya akan membuat tubuh menjadi lebih lambat dalam memperoleh nutrisi yang seharusnya sudah tersedia.

3. Mengonsumsi makanan yang berlebihan

Tahukah Anda bahwa tidak hanya telat makan saja yang dapat menyebabkan lambung mengalami masalah. Akan tetapi, kekenyangan juga dapat membuat lambung memproduksi asam menjadi lebih banyak. Tentu saja asam tersebut akan semakin naik dan sangat mengganggu.

Untuk itu, ada baiknya Anda benar-benar mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan untuk makan secukupnya saja dan hindari mengonsumsi makanan dengan cara yang berlebihan.

4. Terlalu banyak konsumsi asam dan pedas

Hal lain yang perlu Anda hindari saat memiliki masalah pada lambung adalah mengonsumsi makanan yang pedas dan asam dalam jumlah banyak. Tidak hanya itu saja, makanan berlemak juga dapat memicu lambung memproduksi asamnya dengan jumlah yang lebih banyak. Tentu saja, Anda harus menghindari hal tersebut.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang jauh lebih menyehatkan dan segar. Contohnya seperti sayuran hingga buah-buahan. Tentu saja makanan jenis tersebut akan lebih menyehatkan untuk tubuh dan yang terpenting adalah aman bagi lambung.

5. Posisi tidur yang salah

Selain beberapa hal di atas, terdapat hal lain yang perlu Anda hindari juga. Salah satunya adalah posisi tidur yang salah. Ada baiknya, memposisikan kepala lebih tinggi dari kaki sehingga pada organ lambung tidak memunculkan masalah. Jika perlu gunakan bantal pada bagian kepala sehingga posisi tersebut dapat dilakukan dengan benar.

Dengan posisi tidur yang benar, maka organ lambung tidak akan bermasalah sehingga Anda tentu dapat tidur dengan lebih nyenyak. Di pagi harinya pun akan lebih bersemangat untuk melaukan aktivitas.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda hindari bagi siapa saja yang memang menderita penyakit pada organ lambung mereka. Dengan menghindari berbagai hal tersebut tentu saja lambung Anda akan lebih terpelihara dengan baik dan beraktivitas pun menjadi lebih nyaman.