Tips Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Menguntungkan

Mobil baru bukan menjadi pilihan satu-satunya bagi mereka yang ingin memiliki mobil. Membeli mobil bekas atau second sudah lama menjadi opsi lain khususnya bagi mereka yang ingin membeli mobil dengan harga lebih terjangkau. Meski bekas, namun jika Anda memilih dengan tepat, Anda bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang masih sangat baik untuk pemakaian jangka panjang. Namun memang, membeli mobil bekas harus dengan ketelitian agar Anda tidak salah memilih mobil yang memiliki mesin sudah buruk. Agar penjual dan pembeli sama-sama mendapatkan manfaatnya, jual beli mobil bekas sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan seperti berikut ini:

1. Berada dalam satu kota yang sama.

Sebenarnya lokasi bukan menjadi masalah, namun akan lebih mudah jika baik penjual maupun pembeli berada dalam satu kota yang sama sehingga memudahkan mereka untuk bertemu dan melihat serta mengecek secara langsung barang yang akan dibeli. Dengan berada di kota yang sama juga akan memudahkan pengurusan surat-surat kelengkapan kendaraan.

2. Bertemu secara langsung.

Meski di awal pencarian melalui penggunaan media internet atau dari brosur, namun pastikan bagi Anda pembeli untuk langsung bertemu dengan penjual sehingga melihat secara langsung mobil yang akan dijual. Selain itu Anda juga bisa bertemu dengan pemilik lama dan mengetahui alamat atau kontaknya untuk dihubungi jika sewaktu-waktu diperlukan.

3. Test drive.

Selain bertemu dengan pemilik lama atau penjual Anda juga harus melakukan test drive yaitu mengendarai mobil yang akan dibeli secara langsung. Ini sangat penting agar Anda mengetahui sebelum membeli bagaimana rasanya mengendarai mobil tersebut. Apakah sudah sesuai dengan ekspektasi Anda atau ada kendala yang dirasakan. Test drive juga berfungsi untuk mengecek kualitas mesin dengan cara mengendarai di berbagai medan jalan seperti di jalan tol, jalan naik turun dan jalan ramai di perkotaan.

4. Tawar menawar.

Jual beli mobil bekas tak seperti mobil baru dimana Anda bisa melakukan tawar menawar. Mobil bekas bisa memiliki harga jual sesuai dengan keinginan pemilik lama, namun Anda berhak melakukan penawaran apalagi setelah melakukan test drive dan ada kondisi tertentu yang kurang sesuai.

5. Surat-surat yang lengkap dan aktif.

Menjual mobil dengan surat-surat dalam keadaan aktif bukan hanya bermanfaat bagi pembeli namun juga bagi penjual. Dengan begitu penjual tidak akan sibuk dikemudian hari untuk mengurutkan surat-surat mobil yang sudah bukan lagi menjadi miliknya. Pembeli juga bisa langsung menggunakan mobil untuk beraktivitas jika surat kendaraan dalam keadaan aktif.

Selain membeli dari pemilik langsung, Anda sebagai pembeli juga bisa membeli mobil bekas dari dealer terpercaya. Membeli dari dealer akan memungkinkan Anda sebagai pembeli untuk memilih mobil dari berbagai pilihan dalam satu tempat. Namun agar aman dan mobil yang dibeli berkualitas, Anda harus memastikan dealer yang dipakai untuk membeli mobil hanya dealer terbaik. Moladin menjadi satu-satunya dealer yang direkomendasikan jika Anda ingin membeli mobil bekas dengan kondisi mesin yang masih baik untuk pemakaian jangka panjang. Mengapa di Moladin? Jika Anda membeli mobil bekas di Moladin, ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  1. Moladin hanya menjual mobil yang terbaik dan bukan mobil yang memiliki riwayat banjir atau kecelakaan berat.
  2. Moladin memberikan garansi mesin selama 1 bulan yang tidak diberikan oleh dealer atau perorangan sebagai penjual.
  3. Moladin memiliki layanan darurat yang bisa Anda manfaatkan saat mengalami masalah di jalan raya.
  4. Cara pembelian mobil di Moladin sangat mudah dimana Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu secara online, kemudian team Moladin akan menghubungi untuk bisa datang langsung ke tempat Anda.
  5. Anda bisa melakukan test drive sepuasnya untuk berbagai pilihan mobil yang diinginkan.

Agar transaksi jual beli mobil bekas aman dan Anda mendapatkan mobil yang berkualitas, pastikan Anda melakukan poin-poin di atas khususnya jika membeli dari perorangan. Namun jika Anda ingin membeli dari dealer agar lebih mudah dan beragam pilihannya, langsung saja Anda memilih mobil dari Moladin yang memberi jaminan kualitas mesin untuk setiap mobil yang dijual.