Cek Manfaat, Pengertian dan Tips Aman Melakukan Sunmori

Cek Manfaat, Pengertian dan Tips Aman Melakukan Sunmori

Pernah mendengar istilah sunmori? Atau justru, kamu pernah mengikuti kegiatan ini bersama orang terdekat atau komunitas kamu? Istilah ini memang populer di kalangan anak muda sekarang. Bagi banyak orang, arti sunmori adalah waktu bersantai dan menikmati pagi di jalan.

Tapi apa sebenarnya arti sunmori ini? Apa kegiatannya? Mengapa kegiatan ini jadi banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Sunmori?

Sunmori atau Sunday Morning Ride adalah aktivitas yang dilakukan pengendara motor setiap hari minggu pagi. Aktivitas ini bisa dilakukan sendirian atau dengan komunitas riders dan biasanya sudah dijadwalkan jauh – jauh hari, paling terlambat untuk mengkoordinasikan acara Sunday Morning Ride adalah 4 hari sebelum acara berlangsung.

Para riders sendiri biasanya masih muda, tetapi aktivitas ini tidak membatasi umur kok! Bagi peminat di rentang usia 30 tahun keatas juga bisa melakukan aktivitas ini dan ada riders di usia yang tidak lagi remaja.

Selain usia, kegiatan sunmori juga tidak membatasi komunitas yang bisa ikut, jadi sunmori bukan hanya untuk komunitas motor lho! Kegiatan sunmori juga bisa diikuti oleh komunitas riders lainnya seperti sepeda. Jadi kegiatan sunmori tidak terbatas usia maupun kendaraan yang digunakan.

Apa Manfaat dari Mengikuti Sunmori?

Mengendarai motor di pagi hari ternyata memberikan banyak manfaat lho, terutama untuk kesehatan mental dan jiwa. Mengapa demikian? Sebab, mengendarai motor dapat merangsang beberapa hormon dalam tubuh. Simak beberapa manfaat lainnya di bawah ini .

1. Membakar Kalori

Menurut sebuah penelitian, berkendara dapat membakar kalori sebanyak 200-300 kalori per jam. Berkendara kok bisa membakar kalori di dalam tubuh? Bisa dong. Sebab, tubuh kamu bergerak untuk menjaga keseimbangan motor dan mengontrol laju kendaraan.

Kamu juga harus berkonsentrasi penuh agar selamat selama di perjalanan. So, tubuh kamu akan mengeluarkan tenaga untuk melakukan aktivitas tersebut, sehingga kalori dalam tubuh berkurang.

2. Melepaskan Hormon Endorfin

Para peneliti menemukan fakta bahwa mengendarai motor dapat melepaskan hormon dopamin dan endorfin. Kedua hormon tersebut bertugas memunculkan rasa bahagia, lantaran pengendara dapat melupakan berbagai permasalahan dalam hidupnya sejenak. Juga, pengendara dituntut untuk lebih fokus supaya bisa berkendara dengan selamat selama mengikuti sunmori.

3. Dapat Menurunkan Stres

Penelitian yang dilakukan oleh seorang motorcycling clinical psychologist menemukan bahwa mengendarai motor dapat menurunkan 28% tingkat stres. Sunmori di pagi hari memberikan sensasi kesenangan tersendiri, terutama saat memacu kendaraan pada kecepatan yang tinggi saat kondisi jalanan sedang sepi. Hal ini membantu pengendara terlepas dari berbagai tekanan pekerjaan atau masalah lainnya.

4. Sarana Menyalurkan Hobi

Bagi sebagian orang, mengikuti kegiatan sunmori adalah sarana untuk menyalurkan hobi, terutama untuk mereka yang menyukai dunia riding dan otomotif. Apalagi kegiatan ini hanya dilakukan setiap hari libur, pengendara bisa sambil refreshing setelah lima hari sebelumnya berkutat dengan pekerjaan. Menyusuri kota di pagi hari nyatanya dapat memberikan energi dan semangat baru bagi para pengendara.

Tips Aman Mengikuti Sunmori

Meskipun aktivitas sunmori tidak dilakukan untuk jarak jauh, namun demikian, aktivitas ini juga menuntut adanya sejumlah persiapan kecil agar aman dan nyaman saat berkendara menyusuri kota. Berikut ini tips aman mengikuti sunmori yang dapat kamu aplikasikan.

1. Pilih Titik Kumpul yang Luas

Sebelum melakukan sunmori di pagi hari, biasanya para pengendara akan berkumpul di satu titik kumpul yang telah ditentukan oleh pemimpin di komunitasnya. Nah, upayakan memilih titik kumpul di area yang luas, supaya tidak menyebabkan kemacetan dan mengganggu pengendara lain saat menunggu peserta sunmori lainnya.

2. Gunakan Peralatan Riding yang Lengkap

Pengendara sunmori wajib menggunakan safety gear, seperti helm, sepatu, jaket, sarung tangan, dan perlengkapan pendukung lainnya. Safety gear tidak hanya berlaku untuk pengendara, tetapi juga berlaku untuk penumpangnya. Selain itu, lakukan safety brief di area titik kumpul sebelum melaju menyusuri kota.

3. Hindari Ugal-ugalan

Pastikan untuk menghindari berbagai perilaku yang menimbulkan risiko kecelakaan, seperti ugal-ugalan, memainkan gas motor yang dapat mengganggu pengendara lain, berkendara dengan gaya zig-zag, merokok, dan berkendara sambil bermain ponsel. Jangan lupa juga untuk membawa surat-surat kendaraan dan patuhi rambu-rambu lalu lintas.

4. Pastikan Motor dalam Kondisi Baik

Memastikan kondisi motor dalam keadaan baik menjadi satu hal penting yang wajib kamu lakukan. Terkadang karena terlalu excited, beberapa pengendara melewatkan untuk memeriksa kondisi motor secara keseluruhan.

Periksa motor mulai dari kondisi mesinnya, bahan bakarnya, dan memastikan seluruh komponen motor dapat bekerja dengan baik. Memeriksa kondisi motor sebelum sunmori dapat meminimalisir berbagai risiko. Jadi, jangan lupa untuk memastikan kondisi motor kamu dalam keadaan baik.

Setelah mengetahui sedikit lebih banyak mengenai apa itu sunmori, bagaimana menurut kamu? Apakah kamu jadi semakin tertarik untuk mengajak teman-temanmu melakukan sunmori bersama-sama?

Yang harus selalu dipastikan, sekali lagi, bahwa sunmori adalah salah satu bentuk kegiatan luar ruang yang memiliki resiko keselamatan. Jadi penggunaan gear terbaik untuk mendukung keselamatan serta penerapan konsep safety riding yang ketat wajib jadi perhatian semua orang.

Tentu saja urusan gear untuk riding terbaik bisa kamu temukan di Eiger Adventure. Jadi tak perlu bingung, cukup kunjungi saja laman produknya dan dapatkan gear terbaik untuk kamu gunakan!Saat ini kamu bahkan bisa berbelanja produk berkualitas Eiger dengan mudah melalui aplikasi Eiger Adventure yang bisa kamu download sekarang juga. Jangan sampai kehabisan yha