Resep Semur Daging Sapi yang Lezat dan Menggugah Selera

Membuat semur daging sapi memang membutuhkan sedikit usaha, tetapi hasilnya akan sepadan dengan usaha yang kita lakukan. Semur daging sapi adalah hidangan yang lezat dan menggugah selera yang cocok disantap bersama nasi putih hangat. Dengan resep ini, Anda dapat dengan mudah membuat semur daging sapi enak di rumah.

Hello! Jika Anda pencinta masakan daging sapi, Anda berada di tempat yang tepat! Artikel ini akan mengajarkan Anda cara membuat semur daging sapi yang lezat dan menggugah selera. Semur daging sapi adalah hidangan Indonesia yang populer, terdiri dari potongan daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu kaya dan sedikit manis. Mari kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

– 500 gram daging sapi, potong menjadi dadu kecil- 3 sendok makan minyak goreng- 2 siung bawang putih, cincang halus- 2 buah bawang merah, cincang halus- 2 lembar daun salam- 2 batang serai, memarkan- 2 cm lengkuas, memarkan- 4 butir cengkeh- 2 cm kayu manis- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan kecap inggris- 1 sendok makan saus tomat- 1 sendok makan gula merah, serut- 1 sendok teh garam- ┬Ż sendok teh merica bubuk- 500 ml air

Langkah-langkah Memasak:

1. Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan besar. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.2. Tambahkan daging sapi dan aduk rata hingga berubah warna menjadi cokelat kecokelatan.3. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, cengkeh, dan kayu manis. Aduk rata hingga aroma rempah tercium.4. Tuangkan kecap manis, kecap inggris, dan saus tomat. Aduk rata hingga daging terbalut dengan baik oleh bumbu-bumbu.5. Tambahkan gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan pastikan bumbu merata di seluruh daging sapi.6. Tuangkan air secukupnya, lalu tutup wajan dengan rapat. Masak semur daging sapi dengan api kecil selama sekitar 1,5-2 jam hingga daging empuk dan bumbu meresap.7. Jika air mulai mengering sebelum daging matang, tambahkan air sedikit demi sedikit.8. Setelah matang, angkat semur daging sapi dari wajan dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Penutup

Semur daging sapi adalah hidangan yang sangat nikmat dan lezat. Dengan ikutilah resep di atas, Anda dapat dengan mudah membuat semur daging sapi sendiri di rumah. Hidangan ini cocok disajikan untuk acara istimewa atau saat Anda ingin memanjakan lidah Anda dengan cita rasa yang kaya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!