Inilah Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Keluar Kamar Mandi

Ajaran agama Islam mengharuskan kita untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT sebelum dan sesudah menjalankan aktivitas. Ya, hal ini bertujuan agar kita mendapatkan perlindungan serta keberkahan dari-Nya.

Begitu pun dengan doa masuk kamar mandi dan sesudahnya yang harus kita lafalkan. Pasalnya, masih banyak kalangan Muslim yang terkadang lupa atau bahkan sudah terbiasa masuk ke kamar mandi tanpa membaca doa terlebih dulu.

Padahal, kamar mandi merupakan salah satu tempat yang menjadi berkumpulnya berbagai jenis kotoran dan najis. Tak hanya menjadi tempat berkumpulnya kotoran najis, ternyata kamar mandi juga merupakan tempat yang sering dihuni oleh bangsa jin dan setan lho!

Maka dari itu, sudah semestinya bagi setiap Muslim untuk senantiasa berdoa ketika hendak masuk maupun sesudah keluar dari kamar mandi. Lantas, bagaimana bacaan doanya?

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar bacaan doa sebelum dan setelah keluar dari kamar mandi. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Bacaan Doa Sebelum Masuk ke Kamar Mandi

Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni ‘audzu bika minal khubutsi wal khobaits

Artinya : “Dengan meyebut ama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan-setan lelaki dan setan-setan perempuan.“ (HR. Bukhari no. 142 dan Muslim no. 375).

Bacaan Doa Setelah Keluar Dari kamar Mandi

Apabila sudah selesai melakukan aktivitas didalam kamar mandi, hendaknya kamu mengucapkan doa keluar mandi seperti berikut:

Ghufranaka. Alhamdulillahilladzi azhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii

Artinya : “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku yang telah menyejahterakan.“

5 Adab Sebelum dan Sesudah Berada di Kamar Mandi

1. Menggunakan Kaki Kiri Saat Melangkah ke Kamar Mandi

Saat mau masuk ke dalam kamar mandi, sebaiknya kamu gunakan kaki yang bagian kiri. Lain halnya ketika keluar kamar mandi, yang mana kamu harus mendahulukan kaki kanan.

Sesuai dengan sunnah Rasulullah yang selalu mendahulukan tubuh bagian kanan untuk hal-hal baik, sedangkan tubuh bagian kirinya diutamakan untuk hal-hal yang kurang baik (termasuk cebok).

2. Jangan Membawa Tulisan Allah Atau Tulisan Ayat Al Quran

Jika kamu mengguakan cincin atau kalung yang bertuliskan lafadz Allah SWT, sebaiknya simpan dulu aksesoris tersebut di tempat lain saat hendak memasuki kamar mandi.

Selain lafadz Allah, kamu juga jangan membawa tulisan dari ayat-ayat Al Quran saat memasuki kamar mandi. Bagi kalian yang menggunakan nada dering Adzan dan lantunan mengaji, sebaiknya matikan hapemu ketika di dalam kamar mandi.

3. Lebih Baik Tubuh Tidak Menghadap ke Arah Kiblat

Seperti yang sudah diketahui bahwa kiblat merupakan arah shalat bagi Muslimin dan Muslimah. Tentu saja sangat tidak etis apabila kita buang air kecil maupun air besar sembari tubuh menghadap ke arah kiblat. Sedari itu, sebaiknya kamu menghadap ke arah lain ketika berada di dalam kamar mandi.

4. Jangan Berbicara Selama Berada di Kamar Mandi

Ada sebuah hadits yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW tidak menjawab salam dari seseorang karena beliau sedang berada di dalam kamar mandi. Adapun mengenai bunyi hadits yang dimaksud seperti berikut:

“Ada seseorang yang melewati Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan beliau sedang buang air kecil. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.”